• Call us

    ( 0622 ) 31311

  • Email us

    corsec@inalum.id

News

INALUM Hadir Untuk Masyarakat Amosilu

08 Apr 2019

Amosilu (8/4) – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM berbaur dengan masyarakat Desa Amosilu, Kec. Besolutu, Kab. Konawe Sulawesi Tenggara dalam program “Kampung Sehat BUMN”. Program yang merupakan salah satu bagian dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-21 Kementerian BUMN ini mengajak ratusan masyarakat desa untuk ikut memperbaiki dan melestarikan lingkungan tempat tinggal dan mendorong generasi muda untuk lebih aktif membangun desa.

Kampung Sehat BUMN digagas sebagai program induk pembangunan desa yang terdiri dari program bersih-bersih kampung, program limbako (lima bahan pokok) murah dan program sosial milenial. Di Desa Amosilu program pembersihan kampung dilaksanakan pada area sepanjang jalan poros desa dan beberapa lokasi fasilitas umum seperti Masjid dan Balai Desa, kegiatan ini diikuti oleh ratusan masyarakat termasuk didalamnya seratus orang generasi muda milenial. Keseluruhan program pembersihan dilaksanakan oleh warga dengan dukungan peralatan yang disediakan oleh INALUM sebagai BUMN penyelenggara. Sedangkan program limbako yang bekerjasama dengan Perum Bulog berhasil menjual limbako dengan harga murah kepada 500 orang masyarakat yang tersebar di desa Amosilu dan sekitarnya. Selain itu hadir pula mobil kesehatan dengan pengecekan dan pelayanan kesehatan gratis yang dihadirkan oleh PT Jasa Marga (Persero). Selain kedua BUMN tersebut, INALUM juga didukung oleh Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dan segenap lapisan masyarakat dalam mensukseskan program.

Tampak turut serta bergotong-royong di tengah masyarakat adalah Ismail selaku Manager Pemberdayaan Masyarakat INALUM, Abdul Khalis, S.Pd MM sebagai Camat Besulutu, Sartina A. sebagai Kepala Desa Amosilu, dan perwakilan dari Jasa Raharja dan KBN. Dalam sambutannya Camat Besulutu mengajak masyarakat untuk menjadikan program ini sebagai sebuah titik awal kebangkitan semangat untuk memajukan desa, dan berharap agar semangat masyarakat tidak berhenti pada hari pelaksanaan program saja, namun juga akan terus menyala sehingga Desa Amosilu dapat dikenal sebagai desa yang sehat, ramah dan juga menarik untuk dikunjungi. Hal ini diaminkan oleh Ismail yang menyatakan pelaksanaan program sebagai salah satu upaya Kementerian BUMN untuk menciptakan masyarakat yang berpikiran maju, mandiri dan juga sebagai wujud nyata slogan BUMN Hadir Untuk Negeri.

“Disini kita juga libatkan generasi milenial desa agar mereka dapat menggunakan waktu luang dan media sosial dengan lebih positif, serta lebih mendalami jiwa mencintai kampung halaman agar suatu saat bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan tidak perlu merantau ke kota”, tambahnya.

Selain dilaksanakan di Desa Amosilu, program Kampung Sehat BUMN juga dilaksanakan di 34 titik lainnya di seluruh Indonesia, sehingga kehadiran BUMN untuk turut mendukung pembangunan bangsa dapat semakin terasa oleh masyarakat luas.