• Call us

    ( 0622 ) 31311

  • Email us

    corsec@inalum.id

News

Lomba Karya Tulis Ilmiah HUT ke-43 INALUM : Menelusuri Jejak CSR INALUM untuk Pertumbuhan yang Lebih Bermakna

15 Feb 2019

Tanjung Gading (4/2) - PT INALUM (Persero) melaksanakan Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam rangka peringatan HUT ke-43. Dari 35 karya yang terkumpul dari peserta dalam waktu singkat sejak 27 Desember 2018 sampai 25 Januari 2019 atau tidak sampai 1 bulan, karya tulis hasil karya mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) tampil sebagai juara.

Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan tema “INALUM, Kontribusi Dan Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara” dilaksanakan untuk mendorong para civitas akademika di Sumatera Utara untuk melakukan penelitian mengenai kontribusi INALUM dalam pengembangan ekonomi terutama usaha kecil dan menengah yang ada di Sumatera Utara. Dalam proses penjurian, INALUM menggandeng Prof. Dr. Ir. Harmein Nasution, MSIE selaku Ketua Dewan Riset Daerah Sumatera Utara, Dr. Azizul Kholis, SE, MSi selaku akademisi di Universitas Negeri Medan dan Drs. Reynhard Nababan, M.Acc sebagai seorang konsultan internasional mewakili kalangan praktisi.

Setelah melalui proses seleksi dan penilaian oleh dewan juri, didapatkan 5 karya tulis terbaik yaitu Juara 1 Ilham Ramadhan dari Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara di posisi pertama dengan judul “Analisis Pengaruh Implementasi Program Corporate Social Responsibility PT INALUM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara”, Juara 2 Fauziah Ramadhani dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dengan judul “Telaah Harmonisasi PT INALUM dengan Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara”, Juara 3 Fachru Yuzairi Saragih dari Fakultas Pertanian Universitas Medan Area dengan judul “Peran Teknologi Industrialisasi PT INALUM dalam Meningkatkan Kemakmuran dan Kemandirian Masyarakat Sumatera Utara”, Juara Harapan 1 Safri Sebastian Sihombing dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan judul “Analisis Pengaruh Keberadaan PT INALUM (Persero) dengan Adanya Program Corporate Social Responsibility terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Masyarakat Kabupaten Toba Samosir”, dan Juara Harapan 2 Muhammad Khoir Al Alim Manurung dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dengan judul “Optimalisasi Kota Kerang (Kontribusi INALUM dan Kerajinan Tangan Tanjung Balai) Berbasis E-Commerce Guna Melejitkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Tanjung Balai”.

Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh jajaran Direksi PT INALUM (Persero) pada acara Jalan Sehat yang dilaksanakan di Lapangan Utama Komplek Perumahan Tanjung Gading, Kabupaten Batu Bara, Minggu (3/2). Total hadiah yang diberikan kepada para pemenang senilai 30 juta rupiah. Ismail Midi, selaku Manager CSR dan PKBL INALUM sekaligus Ketua Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah bersama dengan Boyke Frederick, Junior Manager Humas mengatakan, “Tujuan dari lomba ini adalah untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan wawasan ilmiah di kalangan Mahasiswa/i tentang pertumbuhan ekonomi khususnya di Sumatera Utara dalam relasinya dengan operasional INALUM. Harapannya, semoga di tahun-tahun berikutnya antusias dari Mahasiswa/i semakin meningkat.”

Lebih lanjut pada kesempatan terpisah, Sekretaris Perusahaan INALUM Ricky Gunawan menjelaskan bahwa Lomba Karya Tulis Ilmiah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke-43 INALUM. “INALUM telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati HUT ke-43 INALUM seperti santunan kepada 430 anak yatim dan sunat massal kepada 43 anak kurang mampu di sekitar perusahaan, festival band, jalan sehat, panggung hiburan dan lomba karya tulis ilmiah ini merupakan salah satunya,” jelas Ricky.