• Call us

    ( 0622 ) 31311

  • Email us

    corsec@inalum.id

News

Inalum Bantu Bibit Sapi Untuk Kelompok Ternak

02 Sep 2015

 

Inalum Bantu Bibit Sapi Untuk Kelompok Ternak

 

Inalum membantu pengembangan usaha kecil di sektor peternakan yang ada di sekitar wilayah Perusahaan, kali ini di wilayah kerja Pabrik Peleburan Aluminium Kuala Tanjung. Senin, 24 Agustus 2015 lalu, Perusahaan menyelenggarakan pelatihan pengembangan usaha ternak sapi bagi kelompok ternak sapi “Anugerah” yang diselenggarakan di Kantor Desa Brohol Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara.

 

Acara pembukaan pelatihan tersebut dihadiri oleh A.Ganda Sukmana (Junior Manajer Pemberdayaan Masyarakat Pabrik Peleburan), Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Batu Bara Hasriansyah Idris, Camat Sei Suka, Kepala Desa Brohol, instruktur lembaga pelatihan terkait, serta 15 orang anggota kelompok yang menjadi peserta dalam program ini. Pelatihan usaha ini menekankan motivasi usaha, kreativitas dan pengembangan usaha, pelatihan teknis, studi banding, dan pendampingan usaha secara berkala selama 6 bulan.

 

Pada acara tersebut, selain mengadakan pelatihan, Perusahaan juga secara simbolis menyerahkan bantuan 7 ekor bibit sapi jantan kepada Pemerintah Desa Brohol, dimana selanjutnya Pemerintah Desa Brohol menyerahkan bantuan tersebut kepada kelompok tani “Anugerah”. Selain memberikan pelatihan dan bantuan, Perusahaan juga memberikan bantuan dana untuk pembangunan kandang untuk kelompok tersebut. 

 

Dalam sambutannya A. Ganda Sukmana mewakili manajemen PT Inalum (Persero) menyampaikan, “Bibit-bibit sapi tersebut nantinya akan dipelihara dan dilakukan penggemukan serta diperjual-belikan kembali dengan bibit-bibit sapi selanjutnya. Dengan mengambil keuntungan dari hasil jual beli sapi yang telah digemukkan tersebut kami harapkan kelompok dapat memanfaatkan dan mengelola keuangan tersebut untuk membuat kelompok menjadi semakin maju dan berkembang serta kedepannya jumlah sapi yang dipelihara semakin bertambah banyak. Perlu kami sampaikan juga bahwa dalam bantuan ini kami tidak memberikannya secara cuma-cuma karena monitoring akan terus dilakukan, apabila kelompok tidak dapat mengelola bantuan secara baik, perusahaan dapat memindahkan bantuan tersebut ke kelompok lain.”

 

Pada kesempatan yang sama Hasriansyah Idris, Kepala Dinas Peternakan Batu Bara menyampaikan “Dengan adanya bantuan-bantuan semacam ini tentu akan meningkatkan motivasi untuk para pelaku usaha ternak sapi lainnya, melihat tingginya permintaan akan daging sapi ini kami optimis bila kelompok ternak ini serius dan gigih dalam menjalankan usaha ternaknya, maka kelompok ini bisa tumbuh dan menjadi besar kedepannya.”