Responsive image
  • Call us

    ( 0622 ) 31311

  • Email us

    corsec@inalum.id

News

Pertamina dan Inalum Sepakat Tandatangani Joint Venture Development Agreement (JVDA) Terkait Proyek Kalsiner

20 Des 2019

Jakarta (9/12) - Pertamina – Inalum sepakat menandatangani perjanjian pembentukan perusahaan patungan / Joint Venture Development Agreement (JVDA) terkait proyek kalsiner. JVDA yang ditandatangani bersama antara Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Direktur Utama PT Inalum (Persero) Orias Petrus Moedak ini menandakan telah sepakatnya kedua perusahaan tersebut untuk bersinergi membangun perusahaan patungan yang bergerak pada pengolahan salah satu bahan baku utama pabrik peleburan aluminium milik Inalum yaitu Calcined Petroleum Coke (CPC) atau yang dikenal juga dengan kokas.

Sinergitas antara dua BUMN ini merupakan mandat dari Kementerian BUMN selaku pemegang saham dalam rangka meningkatkan nilai tambah dari produk Green Petroleum Coke (GPC) yang dihasilkan Pertamina khususnya Plant Refinery Unit II Dumai menjadi Calcined Petroleum Coke (CPC) yang menjadi bahan baku utama dari pembuatan anoda dalam proses peleburan aluminium di Inalum.

Pabrik ini rencananya ditargetkan selesai dibangun dan beroperasi pada tahun 2022. Setelah penandatangan kerjasama ini, persiapan Engineering Procurement and Construction (EPC) dan konstruksi ditargetkan mulai dilakukan pada triwulan III 2020. Pembangunan pabrik patungan ini diharapkan akan membuka lapangan kerja baru sehingga mampu menyerap tenaga kerja lokal terutama di wilayah Sumatera. Selain itu, sinergi ini dapat mendukung program pemerintah dalam memperbaiki defisit neraca perdagangan melalui penurunan impor produk CPC dan menjaga kesediaan serta kestabilan bahan baku untuk pabrik peleburan.