• Call us

    ( 0622 ) 31311

  • Email us

    corsec@inalum.id

News

Program Budidaya Ikan Air Tawar Menambah Wawasan Melalui Kegiatan Studi Banding

03 Sep 2014

Sebagai salah satu program bina lingkungannya, PT INALUM (Persero) mengadakan studi banding bersama kelompok masyarakat Kuala Indah ke tempat usaha ternak ikan air tawar yang berlokasi di Kerasaan – Kabupaten Simalungun, Senin (10/3).

Dalam kegiatan studi banding ini, para anggota kelompok sangat antusius dan bersemangat dalam menjalankan seluruh kegiatan. Masing-masing anggota memberikan pertanyaan atau hanya sekedar memberikan pendapat mengenai budidaya ikan air tawar kepada sang tuan rumah (Pak Gimin) yang tidak lain merupakan narasumber dalam peresmian Program Budidaya Ikan Air Tawar yang dilaksanakan di Desa Kuala Indah beberapa bulan lalu.

Selain kegiatan Studi Banding, pada kesempatan ini PT INALUM (Persero) juga memberikan bantuan tahap kedua kepada kelompok program berupa 1.000 (seribu) ekor Bibit Ikan Gurami, 1.000 (seribu) ekor Bibit Ikan Nila, 2 (dua) karung pakan ikan dan 1 (satu) set keramba ikan serta plank kelompok yang nantinya diletakkan di kolam mereka.

Bantuan ini merupakan keberlanjutan dari Program sebelumnya yang saat ini masih berjalan, dimana program tersebut selalu di-monitoring  mengenai bagaimana perkembangan ikan – ikan yang telah dibantu dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Program Budidaya Ikan Air Tawar tersebut.

Saat ini, kelompok Program Ikan Air Tawar Desa Kuala Indah sudah memiliki kolam yang cukup luas,  beberapa keramba, bibit ikan mulai dari ikan mas, ikan lele, ikan gurami dan ikan nila. Selain itu, kolam kelompok juga sudah dilengkapi dengan plank dan pos jaga, dimana fungsinya adalah untuk mendukung kemajuan program ikan tersebut.